6 Cara Efektif Mencegah Diabetes
Everday Health

6 Cara Efektif Mencegah Diabetes

10 months ago
Diabetes adalah penyakit di mana kadar gula meningkat secara drastis sehingga berakibat buruk pada fungsi organ-organ tubuh lainnya. Kadar gula tinggi disebabkan oleh berkurangnya hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas. Fungsi dari insulin adalah untuk memecahkan karbohidrat di dalam tubuh menjadi glukosa supaya keseimbangan kadar gula selalu terjaga.

Walaupun penyakit ini sejatinya menyerang orang tua, sekarang ini mulai banyak penderita diabetes di bawah umur 40 tahun. Hal ini dikarenakan oleh gaya hidup sedentari jaman sekarang. Tidak perlu khawatir karena pencegahan dapat dilakukan hanya dalam beberapa langkah sederhana seperti di bawah ini:


1. Jaga Berat Badan

Salah satu akibat dari berat badan berlebihan adalah kadar lemak darah yang tinggi yang mengganggu daya kerja insulin untuk menyerap glukosa. Lemak berlebih khususnya di bagian perut meningkatkan resiko diabetes.


2. Rajin Berolahraga

Aktif bergerak dapat meningkatkan metabolisme gula dan hormon insulin serta membakar kelebihan energi berupa glukosa. Olahraga rutin juga dapat menjaga berat badan tetap ideal.


3. Hindari Konsumsi Gula Berlebihan

Konsumsi gula putih atau pemanis buatan sebaiknya tidak terlalu sering karena dapat meningkatkan kadar glukosa. Sebaiknya hindari soda, teh manis, permen, dan cemilan-cemilan yang terlalu manis.


4. Pola Makan Yang Seimbang

Buah dan sayuran adalah dua tipe makanan wajib yang sebaiknya ada di setiap waktu makan dikarenakan kandungan serat yang tinggi. Serat bermanfaat untuk memperlancar pencernaan sehingga metabolisme tubuh juga lancar.


5. Wajib Sarapan

Kebiasaan sarapan terbukti dapat menjaga kadar gula agar lebih rendah dan juga mengurangi porsi makan sepanjang hari. Tentunya diikuti dengan menu santapan yang sehat seperti yang dianjurkan di atas.


6. Rajin Konsumsi Kayu Manis

Kayu manis mengandung zat anti inflamasi yang dapat meringankan stres oksidatif penyebab kencing manis. Konsumsi reguler terbukti dapat menurunkan kadar gula dan mencegah diabetes.

Pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Mulailah menjalankan semua kegiatan yang disarankan supaya kesehatan selalu terjaga.