Fakta Dan Kegunaan Meniran
Everday Health

Fakta Dan Kegunaan Meniran

6 months ago
Daun meniran adalah salah satu tanaman yang tumbuh subur di negara tropis. Tanaman semak ini tumbuh liar di sekitar kita sehingga sangat mudah ditemui. Dengan tinggi sekitar 50 cm dan daun dengan sirip yang banyak, sekilas bentuk daun meniran terlihat seperti daun putri malu.

Tanaman yang dikenal dengan nama latin Phyllanthus niruriVal ini memiliki senyawa Flavon, Hypophyllanthin, Nirathin, Nirterali yang mengandung banyak khasiat untuk kesehatan tubuh dan mencegah penyakit. Biasanya bagian yang digunakan untuk pengobatan adalah bagian daun dan akarnya. Apa saja kegunaan dari daun meniran? Yuk simak di bawah ini!

- Mengobati Batu Ginjal & Asam Urat

Ekstrak daun meniran memiliki kandungan ion K yang dapat menyembuhkan batu ureter dan empedu. Zat flovanoid juga dapat menangani asam urat dan memiliki efek diuretic yang merangsang lancarnya pengeluaran air seni.

- Mengobati Radang Sendi

Radang sendi atau rematik dapat diatasi dengan konsumsi ekstrak daun meniran secara reguler. Kandungan senyawa zat anti inflamasi dapat mengurangi bahkan menghilangkan nyeri dan sakit pada sendi.

- Mengobati Penyakit Kuning

Efek anti hepatoprotektif dari daun meniran dapat menyembuhkan penyakit kuning dan memperbaiki kerusakan jaringan hati dengan mengangkat racun yang bersarang.

- Mengatasi Hipertensi

Daun meniran sering digunakan sebagai ramuan tradisional untuk menurunkan tekanan darah tinggi dikarenakan kandungan kalium yang tinggi. Dengan konsumsi rutin, tekanan darah dapat kembali normal.

- Mencegah Penyakit Kulit

Kandungan phyllanthin dan hypophillanthin dalam ekstrak daun meniran dapat dipakai sebagai antibiotik alami yang dapat menekan pertumbuhan jamur dan bakteri yang biasanya menjadi penyebab penyakit kulit.

Demikian paparan manfaat dari daun meniran sebagai herbal tradisional. Ditambah dengan pengolahan yang modern, semakin mudah untuk mulai mengkonsumsi ekstrak daun meniran sebagai pencegahan atau pengobatan berbagai penyakit.