Press Release

Deltomed Tanam 5.000 Pohon untuk Merapi

Jakarta, 28 April 2011 – Sebagai produsen obat herbal nasional yang memiliki kepedulian tinggi terhadap kelestarian alam Indonesia dan dalam rangka ulang tahun yang ke-35, hari ini, PT Deltomed Laboratories bekerjasama dengan Fakultas Teknobiologi Universitas Katolik Atma Jaya Yogyakarta melakukan penanaman 5.000 pohon untuk Gunung Merapi di Desa Serunen, Kecamatan Cangkringan, Kelurahan Glagaharjo, Sleman, Yogyakarta. Wilayah ini mengalami kerusakan cukup parah ketika terjadi letusan Gunung Merapi tahun 2010 lalu. Hadir dalam prosesi penanaman adalah Presiden Direktur PT Deltomed Laboratories Nyoto Wardoyo, Managing Director PT Deltomed Laboratories Mulyo Rahardjo, Rektor Universitas Katolik Atma Jaya Yogyakarta Dr. R. Maryatmo, MA, dan Dekan Fakultas Teknobiologi Universitas Katolik Atma Jaya Yogyakarta Drs. A. Wibowo Nugraha Jati, MS.

Managing Director PT Deltomed Laboratories, Mulyo Rahardjo, mengatakan “Deltomed sebagai salah satu produsen obat herbal nasional yang selalu menyediakan produk kesehatan dari bahan alami menyadari pentingnya menjaga kelangsungan sumber daya alam dan lingkungan. Untuk itu, dalam rangka ulang tahun Deltomed yang ke-35, hari ini kami melakukan penanaman 5.000 pohon bagi Merapi untuk membantu mempercepat regenerasi alam dan menghijaukan kembali lingkungan di sekitar wilayah yang rusak. Program penghijauan kembali ini diharapkan dapat turut mendorong pemulihan kondisi lingkungan dan perekonomian masyarakat setempat.”
Deltomed bersama Unika Atma Jaya Yogyakarta menyediakan 5.000 bibit pohon yang terdiri dari 1.000 bibit pohon Trembesi dan 4.000 bibit pohon Sengon. Pemilihan kedua jenis pohon ini mengikuti masukan dan permintaan masyarakat Desa Serunen yang menilai kedua jenis pohon ini selain dapat cepat tumbuh juga memiliki nilai ekonomis.

Dekan Fakultas Teknobiologi, Univ. Atma Jaya Jogjakarta, Drs. A. Wibowo Nugorho Jati, Ms mengatakan, “Kami senang dapat bekerjasama dengan Deltomed, pelaku industri nasional yang juga memiliki kepedulian tinggi terhadap kelestarian alam Indonesia dan terjun langsung dalam melakukan kegiatan regenerasi lingkungan bersama masyarakat yang membutuhkan. Kami berharap, kegiatan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan sehingga kelestarian lingkungan di daerah Merapi dapat cepat pulih kembali.”
Deltomed membagi kegiatan penanaman pohon ini dalam beberapa tahapan. Tahap pertama ini dilakukan di wilayah Desa Serunen, Sleman dan akan disusul dengan tahap berikutnya segera setelah penanaman 5.000 pohon ini selesai dilaksanakan.
Program kerjasama penanaman pohon dengan Unika Atma Jaya Yogyakarta merupakan salah satu rangkaian acara peringatan ulang tahun Deltomed ke-35. Berbagai kegiatan lain yang akan digelar termasuk penandatanganan kerjasama strategis antara Deltomed dan Kementerian Kesehatan (BBPPTOOT – Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional), sumbangan ambulans kepada Polsek Wonogiri, dan berbagai program edukasi masyarakat mengenai manfaat herbal Indonesia.

* * *

Sekilas tentang PT Deltomed Laboratories
Selama 35 tahun, Deltomed Laboratories telah menjadi produsen penghasil obat herbal bermutu tinggi dan terdepan. Sejarah Deltomed Laboratories diawali pada tahun 1976 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dari sebuah industri rumahan penghasil obat-obatan herbal yang berasal dari sari tumbuhan alami.


Saat ini, Deltomed telah melakukan investasi baru, khususnya dalam fasilitas produksi, termasuk mesin-mesin modern dan laboratorium penelitian. Pabrik Deltomed seluas 8 ha yang terletak di Nambangan, Wonogiri, memiliki fasilitas lengkap dan diharapkan mampu meningkatkan kapasitas produksi hingga lima kali kali lipat untuk memenuhi permintaan pasar industri herbal, baik di Indonesia maupun mancanegara.

Untuk meningkatkan kualitas produknya, sejak Mei 2010 Deltomed menggunakan fasilitas Quadra Extraction System, yaitu sebuah mesin berteknologi Jerman yang dapat menghasilkan ekstrak bahan alami dengan kualitas tebaik. Deltomed juga menggunakan standar GMP (Good Manufacturing Product) Eropa, GMP Indonesia (CPOTB/Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik), FDA, dan peraturan 3A dalam pembuatan produknya. Tidak hanya pasar nasional, produk-produk Deltomed juga telah merambah pasar internasional, diantaranya ke Malaysia, Arab Saudi, Amerika Serikat, Hongkong, dan Brunei Darussalam.

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi http://www.deltomed.com.